Sale Pisang Subur Makmur: Jajanan Tradisional Enak dari Desa Gayam

Sumarno 20 Agustus 2022 19:04:41 WIB

Gayam, Panggul – Sebagai bentuk pelaksanaan program kerja, divisi ekonomi mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung melangsungkan kegiatan survei berbagai UMKM yang ada di desa Gayam salah satunya jajanan Sale Pisang milik ibu Sumarseh.

Kegiatan survei UMKM ini melibatkan berbagai pihak antara lain mahasiswa dan pemilik UMKM itu sendiri. Produksi sale pisang yang berada di RT 06 Ngrojogan, Krajan ini sudah berdiri sejak tahun 2008, yang artinya 14 tahun berlalu dan masih berproduksi sampai saat ini. Hal ini bermula dari Ibu Sumarseh yang menjadi buruh di salah satu Kota.

“16 tahun yang lalu istri saya menjadi buruh, di sana istri saya belajar bagaimana membuat sale pisang, yang kemudian bisa di gunakan ilmu tersebut untuk memproduksi sale pisang sendiri. Itung-itung untuk menambah penghasilan kami di rumah”, ujar suami ibu Sumarseh.

Sale pisang “Subur Makmur” milik ibu Sumarseh ini menjadi satu-satunya produksi sale pisang yang berada di Desa Gayam, tak khayal bahwa sale pisang ini sudah sangat tidak asing di telinga masyarakat Gayam. Tidak hanya di desa Gayam saja, namun sale pisang Subur Makmur ini juga menempati pasar internasional.

“Pemasaran sale pisang ini sudah pernah dikirim ke Surabaya, Kediri, Jakarta bahkan pernah di kirim ke Malaysia, apalagi ketika hari raya tiba, banyak sekali pesanan yang kami terima hingga ber ton ton beratnya” tambah suami ibu Sumarseh

Meskipun hanya dikerjakan sendiri tanpa menggunakan karyawan, namun ibu Sumarseh mampu memproduksi sale pisang dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu hanya beberapa hari saja. Sale pisang Ibu Sumarseh ini tidak melewati proses pengeringan menggunakan sinar matahari seperti pembuatan sale pisang pada umumnya, namun hanya diproses melalui penggorengan dengan api yang sedang dan stabil.

Cara penggorengannya pun juga masih menggunakan cara yang sederhana yaitu dengan tungku kayu dengan alasan bahwa menggoreng menggunakan kompor akan menghasilkan sale pisag yang kurang bagus. Selain itu, tidak semua pisang bisa digunakan untuk membuat sale pisang, hanya pisang-pisang yang memiliki tekstur tertentu saja, seperti pisang rojo awak, byar, dan sobo gurih

Proses pembuatan sale pisang ini dilakukan setiap hari, karena hampir setiap hari produk sale pisang ini laku terjual. Sale pisang Subur Makmur milik Bu Sumarseh ini dapat di temukan di pusat oleh-oleh Panggul, trenggalek dan sekitarnya. Untuk kemasan kecil, dapat ditemukan di toko toko terdekat yang tersebar di seluruh kecamatan Panggul.

Perlu diketahui, bahwa survey UMKM yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung ini dilakukan sebagai upaya bentuk pengabdian kita kepada masyarakat Gayam, guna membantu pemasaran produk lokal desa Gayam, agar lebih di kenal oleh masyarakat luar. Hal ini dapat di buktikan dengan pemasaran produk melalui media online yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung Gelombang II terhadap produk yang telah di survey.

 

(Gayam 2/Rikanda Armavina Ardiana)

Komentar atas Sale Pisang Subur Makmur: Jajanan Tradisional Enak dari Desa Gayam

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi GAYAM

tampilkan dalam peta lebih besar