Mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung Bantu Mengajar TPQ di Desa Gayam

Sumarno 20 Agustus 2022 18:54:46 WIB

Gayam, Panggul - Dalam upaya mengabdikan diri kepada masyarakat, mahasiswa KKN Desa Gayam ikut membantu dalam melakukan pengajaran di TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) setempat. Ada 3 tempat di setiap dusun yang dijadikan sebagai lokasi pengajaran TPQ tersebut, yaitu Dusun Jati, Dusun Tlagi dan Dusun Krajan.

"Saya menerima dengan baik adanya mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung disini dan juga saya sangat mendukung progam kerja yang disusun mahasiswa tersebut," Kata Kepala Desa Gayam. Dengan adanya dukungan dari Kepala Desa, pelaksanaan program kerja dapat dilaksanakan dengan lancar.

Salah satu dari ketiga TPQ tersebut yaitu TPQ yang berada di Dusun Tlagi yang dimulai pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2022 ba’da maghrib. Menurut Bapak Islami selaku imam masjid “Baitul Huda” dan sekaligus pengajar TPQ di Dusun Tlagi bahwasanya “Dengan senang hati saya menerima mahasiswa KKN untuk mengajar mengaji di TPQ ini, saya juga sangat bersyukur dengan kehadiran mahasiswa ini untuk membantu saya”. Begitu juga dengan antusias anak-anak TPQ tersebut yang sangat senang apabila diajari oleh kakak-kakak mahasiswa.

Kemudian, kami juga mengajar Madin Di Dusun Krajan, yang dilaksanakan di Masjid “Nurul Huda” pukul 4 sore yang dimulai pada tanggal 3 Agustus 2022, materi yang kita ajarkan di kelas 3 adalah Syi’ir Nguri Susilo, ustadz-ustadzah di madin tersebut sangat menerima kami dengan baik, anak-anak di kelas 3 madin tersebut juga sangat menerima kami dengan baik serta mereka sangat senang dan bersemangat dengan kehadiran kami.

Di sela-sela materi pembelajaran Syi’ir Nguri Susilo kami menyelinginya dengan ice breaking, yaitu berupa penyampaian nyanyian yang diubah menjadi Bahasa Arab, dengan penyampaian ice breaking tersebut antusias anak-anak madin tersebut kembali lagi, yang semulanya mulai ramai dan kelas kurang kondusif perhatian anak-anak kembali fokus pada penyampaian materi kami karena mereka merasa penasaran dengan apa yang kami sampaikan.

Begitu pula dengan TPQ yang berada di Dusun Jati, dengan respons positifnya menyambut kedatangan para mahasiswa KKN untuk membantu mengajar TPQ di dusun tersebut.

(Gayam 2/ M. Bintang B.Z., Listia Lailiatul Agustina, Mu’arofatul Khusna & Aviny Malikal)

Komentar atas Mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung Bantu Mengajar TPQ di Desa Gayam

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi GAYAM

tampilkan dalam peta lebih besar